Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Yahya 191041111021, 2023, “Kualitas Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Salam Babaris Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin” di bawah Bimbingan Bapak Sugeng Karyadi
Pada awal pandemi Covid-19 Kecamatan Salam Babaris termasuk wilayah zona merah penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Tapin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Salam Babaris Kabupaten Tapin dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Salam Babaris Kabupaten Tapin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan sumber data primer dengan melakukan wawancara mendalam, kemudian data sekunder yaitu dokumentasi, berita, buku dan sebagainya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Salam Babaris Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin, dilihat dari 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan publik menurut Parasuraman, et al., (1988) Tangible (bukti langsung), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati) secara keseluruhan menunjukkan hasil kualitas pelayanan yang sudah cukup baik. Hal ini dilihat dari indikator Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy sudah baik, namun dilihat dari indikator Tangible masih kurang baik karena masih ada keluhan terkait sarana dan prasarana yaitu masih kurang memadai seperti kursi dan tenda tidak cukup, serta tempat yang digunakan sebagai pos pelayanan vaksin Covid-19 masih dirasa panas sehingga mengganggu kenyamanan pelanggan. Faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu tersedianya vaksin yang cukup dan kerjasama lintas sektor dengan tujuan yang sama yaitu pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Faktor penghambat yang mempengaruhi, yaitu sarana dan prasarana kurang memadai, gangguan jaringan internet dan pandangan masyarakat yang keliru tentang vaksin yang mudah terpengaruh berita hoax.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Vaksinasi, Covid-19