Abstract:
Pendidikan abad ke-21 dituntut untuk dapat menghasilkan generasi-generasi yang memiliki dan menguasai berbagai macam keterampilan, salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Bahan ajar yang baik dapat membantu melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil berupa bahan ajar dalam bentuk buku ilmiah populer yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian menggunakan model desain penelitian pengembangan dari Tessmer yang tahapannya dimulai dari evaluasi diri, uji pakar yang terdiri dari 3 dosen ahli, uji perorangan terdiri dari 3 mahasiswa, uji kelompok kec il terdiri dari 5 mahasiswa, dan uji lapangan yang terdiri dari 20 mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi yang telah lulus mata kuliah phanerogamae. Hasil penelitian menunjukkan buku ilmiah populer hasil pengembangan mendapatkan kriteria sangat valid pada uji pakar dengan memperoleh nilai 91,67%. Buku ilmiah populer dinyatakan praktis berdasarkan uji keterbacaan dengan hasil 93,59%, hasil uji kepraktisan harapan sebesar 92,86% sedangkan hasil uji kepraktisan aktual 88,21?ngan kriteria sangat praktis dan mendapatkan hasil 88,89% pada keterlaksanaan harapan dan 96,30% pada keterlaksanaan aktual dengan kategori sangat baik sehingga dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang mengalami peningkatan pada keefektifan aktual dengan nilai rata-rata 80,01% menjadi 92,12?ngan kategori sangat efektif. Nilai N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Berdasarkan data tersebut maka buku ilmiah populer dinyatakan valid, praktis dan efektif.