Abstract:
Teknologi Informasi sangat diperlukan pada perpustakaan digital library Universitas Lambung Mangkurat untuk memudahkan para mahasiswa. Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas layanan sistem digital library ULM perlu adanya evaluasi pengukuran layanan sistem dengan tujuan mengetahui kondisi layanan sistem. Evaluasi pengukuran layanan sistem digital library ULM untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan menarik minat pengguna untuk penggunaan layanan sistem digital library ULM. Dengan menerapkan pengukuran IPA (Importance Performance Analyisis) menggunakan IBM SPSS untuk mengukur hubungan antara persepsi pengguna berdasarkan aspek indikator dari metode dan model sebagai acuan dalam memahami masalah secara menyeluruh atau secara keseluruhan untuk memutuskan solusi dalam permasalahan. Hasil pengukuran terdapat beberapa variabel yang mendapatkan perbaikan berdasarkan indikator Digiqual, terdapat 5 variabel yaitu (N), (CB), (RF), (EV), (I) dan DL (DS). Dari hasil pengukuran diberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatan kualitas layanan sistem. Hasil analisis perbandingan sebelum dan sesudah rekomendasi terjadi peningkatan yang signifikan pada variabel perbaikan penelitian ini semua nilai variabel mendekati nilai 4 menyiratkan itu sangat baik dan menunjukkan bahwa proposal peningkatan prototipe berdasarkan analisis IPA dan pedoman pedoman Delapan Emas efektif dalam meningkatkan standar untuk situs web perpustakaan digital ULM. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan untuk penelitian selanjutnya referensi peneliti berikutnya dalam mengevaluasi kualitas dan penerimaan situs website ULM.
Kata Kunci: Digital Library ULM,User Interface, DigiQual, IPA,Eight Golden Rules.