Abstract:
ABSTRAK
Deviasyanti, 2023. Pengembangan E-handout Materi Fotosintesis dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XII. Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Dharmono, M, Si dan (II) Dr. Syahmani, M. Si.
Kata Kunci : Pengembangan, e-handout, fotosintesis, flipbook, keterampilan berpikir kritis
Proses Pembelajaran yang dilaksanakan secara optimal memenuhi tuntutan kurikulum Pendidikan diantaranya dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Suatu sikap yang kritis terlahir dari suatu keterampilan berpikir kritis. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan adalah dengan pengembangan e-handout materi fotosintesis dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa berbasis flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan e-handout yang dikembangkan. Penilaian kepraktisan e-handout melalui evaluasi small grup dan evaluasi uji lapangan. Objek penelitian ini adalah e-handout biologi dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa berbasis flipbook, subjek penelitian terdiri 3 peserta didik untuk uji perorangan, 5 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 16 peserta didik untuk uji lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket uji keterbacaan, angket uji keterlaksanaan, angket respon peserta didik, dan lembar kegiatan pengukuran keterampilan berpikir kritis. Hal ini didukung oleh respon positif dari peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan e-handout yang dikembangkan. E-handout Biologi berbasis flipbook dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada keefektifan aktual memperoleh nilai N-Gain 0,6 dengan kriteria sedang. Ini dapat disimpulkan bahwa e-handout pada materi fotosintesis dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dikembangkan tergolong valid, praktis dan efektif.