Abstract:
E-Kinerja adalah salah satu implementasi dari e-government yang berfungsi untuk
menilai pegawai dalam instansi pemerintahan. Sistem Informasi Elektronik Kinerja
ASN (SIEKA) adalah aplikasi e-kinerja yang digunakan dan diwajibkan kepada
seluruh ASN dibawah Kementerian Agama. Namun, dalam penggunaan aplikasi di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kapuas terdapat masalah yang dialami pengguna,
sehingga penting dilakukan evaluasi tingkat kesuksesan website tersebut agar dapat
dijadikan saran perbaikan. Model evaluasi yang diadopsi pada penelitian ini adalah
Model DeLone & McLean tahun 2003 dengan enam variabel, yaitu Information
Quality, System Quality, Service Quality, Use, User Satisfaction dan Net Benefit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner yang
dibagikan kepada 42 orang responden yang terdiri dari 39 guru dan 3 staf MTsN 1
Kapuas pengguna SIEKA. Analisis data menggunakan pendekatan SEM-PLS
(Structural Equation Modelling - Partial Least Square) dengan aplikasi SmartPLS
4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 variabel, 2 dinyatakan sangat sukses,
sedangkan 4 lainnya dinyatakan sukses. Dua variabel yang dinyatakan sangat
sukses yaitu Information Quality (81,4%) dan System Quality (80,158%),
sedangkan empat variabel lainnya yang dinyatakan sukses yaitu Service Quality
(75,992%), Use (74,55%), User Satisfaction (76,787%), dan Net Benefit (73,608%).
Variabel Service Quality, Use, User Satisfaction dan Net Benefit memiliki nilai
yang lebih rendah dari rata-rata sehingga dapat menjadi proritas perbaikan. Hasil
penelitian juga menemukan bahwa System Quality dan Service Quality
mempengaruhi User Satisfaction secara signifikan, dan User Satisfaction
mempengaruhi Use dan Net Benefit secara signifikan. Selain itu, tidak ditemukan
pengaruh yang signifikan antar variabel lainnya. Temuan ini dapat diperhatikan
dalam meningkatkan tingkat kesuksesan SIEKA dimasa mendatang.