Abstract:
Masih rendahnya keterampilan peserta didik dalam pemecahan masalah serta keterbatasan bahan ajar yang memiliki keterkaitan dengan aspek spiritual khususnya Al Qur’an. Secara umum penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi gelombang bunyi yang dikembangkan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Validitas bahan ajar (2) Kepraktisan bahan ajar, dan (3) Keefektivan bahan ajar. Dengan mengembangkan bahan ajar berupa RPP, LKPD, materi ajar dan THB. Penelitian dikembangkan dengan model ADDIE. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 2 Hulu Sungai Selatan sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melalui lembar uji validasi, keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data secara deskriptif-kualitatif dan kuantitatif, rata-rata hasil validitas, kepraktisan bahan ajar, dan efektivitas menggunakan perolehan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Validitas bahan ajar dengan skor rata-rata 3,41 berkategori sangat baik , (2) Kepraktisan bahan ajar dengan rata-rata 3,52 mendapatkan kategori sangat praktis, dan (3) efektivitas bahan ajar dengan N-gain sebesar 0,32 sehingga bahan ajar dapat dikatakan efektif dengan kategori sedang. Simpulan penelitian yang diperoleh yaitu pengembangan bahan ajar gelombang bunyi bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya bahan ajar gelombang bunyi bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an dapat menjadi sumber belajar yang layak bagi peserta didik serta melatihkan kemampuan pemecahan masalah.