Abstract:
Rizqita Shelin Ayudia, NIM: 1910411320002 (2023). “Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik pada Kawasan Wisata Pantai Tabanio Kabupaten Tanah Laut”. Di Bawah Bimbingan Enly Hadiyanor.
ABSTRAK
Kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh pengelola kawasan wisata akan mempengaruhi persepsi masyarakat untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat dan faktor pendukung-penghambat terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh pengelola kawasan wisata Pantai Tabanio Kabupaten Tanah Laut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wisatawan yang berkunjung ke pantai Pantai Tabanio dengan teknik pengambilan sampel secara sampling aksidental berjumlah 30 orang yang berumur di atas 15 tahun. Persepsi masyarakat dan faktor pendukung-penghambat pelayanan publik, diukur berdasarkan aspek tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentasi katagori.
Hasil Penelitian menunjukkan, bahwa 1) secara keseluruhan 5 indikator persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh pengelola kawasan wisata Pantai Tabanio sebesar 59,7 dengan katagori Cukup Baik, 2) cukup banyak dan bervariasi faktor pendukung yang perlu diupayakan untuk dioptimalkan dan faktor penghambat yang perlu diturunkan agar persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik oleh pengelola semakin baik.
Saran-saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian ini adalah; 1) Pengelola kawasan wisata pantai Tabanio agar melakukan revitalisasi dalam upaya meningkatkan pelayanan. 2) Pengelola kawasan wisata pantai Tabanio agar meningkatkan kualitas dan kuantitas faktor-faktor yang mendukung dan menurunkan faktor-faktor yang menjadi pengambat pelayanan. 3) Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut perlu meningkatkan peran-sertanya dalam melakukan pembinaan Pokdarwis Pantai Tabanio. 4). Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang upaya meningkatkan pelayanan publik yang dikaji melalui sub- variabel yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Saran-saran tersebut diberikan agar agar persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh pengelola semakin baik, kualitas pengelola dapat bekerja secara profesionalisme yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung.
Kata Kunci: Persepsi masyarakat, pelayanan publik, wisata pantai Tabanio