Abstract:
Perpustakaan keliling pada dasarnya merupakan layanan yang dijalankan untuk memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan koleksi pustaka yang tersedia serta untuk mendekatkan masyarakat terhadap buku terutama pada kalangan anak-anak usia pendidikan agar minat bacanya semakin bertumbuh. Masalah minat baca di Indonesia terbilang masih cukup rendah sehingga upaya perbaikan dan pemecahan masalah terus dilakukan salah satunya di Provinsi Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan menjalankan layanan perpustakaan keliling untuk mempercepat peningkatan budaya literasi bagi masyarakat. Pada pelaksanaannya layanan tersebut perlu menjadi perhatian dari pengelola agar efektivitas dapat tercapai dalam melayani masyarakat di Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan sudah berjalan dengan baik namun belum sepenuhnya efektif dilihat dari sisi pencapaian tujuannya yang dilakukan secara matang dan terkelola dengan baik untuk menjalankan layanan perpustakaan keliling ditambah minat masyarakat yang tinggi terhadap layanan tersebut, dari sisi integrasinya masih belum optimal karena proses sosialisasi hanya dilakukan bersamaan dengan kunjungan layanan dan melalui pemberitaan saja, serta dari sisi adaptasi sudah dijalankan menyesuaikan dengan kondisi lapangan untuk memudahkan proses layanan. Adapun penghambat dalam layanan tersebut ialah jarak tempuh yang jauh, transportasi perpustakaan keliling yang masih terbatas dan adanya keterbatasan SDM layanan perpustakaan keliling sehingga perlu dilakukannya manajemen yang baik agar layanan tetap dapat rutin dilaksanakan.
Kata Kunci: Efektivitas, Layanan, Perpustakaan Keliling.