Abstract:
E-commerce merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia khususnya pada
kemajuan zaman yang cukup pesat ini. Kebutuhan manusia sangatlah kompleks khususnya
dalam cara jual beli masa kini yaitu melalui sistem online, berbicara mengenai jual beli
sistem online tidak dapat terlepas dari sistem penialaian atau yang disebut sistem
rating, sistem rating tersebut berisikan serangkaian penilaian yang disebut dengan rating
online.
Jumlah rating adalah suatu penilaian yang sangat penting bagi suatu online shop di ecommerce, jumlah rating berpengaruh terhadap kepercayaan, kenyamanan dan keamanan
saat bertransaksi jual beli memalui sistem online, akibatnya sistem rating membuat
kemudahan dalam melakukan komentar dan penilaian terhadap suatu barang atau jasa yang
dijual secara online. Rating hasil pemberian dari setiap transaksi dapat menyebabkan
berbagai masalah bagi semua yang terlibat. Customer yang menggunakan sistem rating
sering kali menerima respon dari penjual, mulai dari respon yang baik hingga respon yang
brsifat buruk. Banyak customer yang memberikan rating buruk direspon penjual secara
buruk. Permasalahan ini tentunya merugikan bagi customer selaku penerima barang hasil
pembelian online, apalagi customer selaku pembeli barang secara online bisa mendapatkan
barang yang tidak sesuai seperti pada katalog di online shop
Kata kunci: Rating Rendah, Perlindungan konsumen, E-commerce