Abstract:
Berbelanja secara online adalah sebuah bentuk perdagangan yang dapat
dilakukan melalui internet, dimana konsumen dapat merasakan kenyamanan
berbelanja, kapan saja dan dimana saja, tanpa memerdulikan letak geografis dari
para konsumen. Survei We Are Social pada April 2021 mencatat pengguna internet
di Indonesia yang menggunakan jasa layanan secara online telah mencapai 88,1%.
McDelivery Mobile Application adalah aplikasi pemesanan makanan cepat saji
berbasis franchise dari perusahaan McDonald’s yang dikembangkan untuk
membantu efektifitas pemasaran dan pemberian kemudahan dalam hal pemesanan
makanan jarak jauh kepada konsumen. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui
kualitas layanan yang dirasakan oleh pengguna generasi Y dan Z menggunakan
metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Aspek dalam
User Experience Questionnaire (UEQ) yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency,
dependability, stimulation, novelty. Attractiveness. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner secara online kepada
masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi McDonald’s. Analisis dilakukan
dari 400 data responden, 200 untuk generasi Y dan 200 untuk generasi Z agar
seimbang dengan metode UEQ dan Usability Testing. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai skor Usability pada kedua generasi berada pada rentang
yang baik, dengan generasi Z memiliki nilai sedikit lebih tinggi dibandingkan
generasi Y, terdapat perbedaan minor antara generasi Y dan Z dalam pengguna
aplikasi McDonald’s tetapi pengalaman pengguna yang positif dari segi emosi,
kepuasan dan efektivitas.
Kata Kunci : McDonald’s, Usability, UEQ, User Experience, McDelivery,
Generasi Y dan Z