Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada konsep suhu dan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Sekolah Menengah Atas yaitu SMAN 1 Aluh-Aluh, SMAN 9 Banjarmasin dan SMAN 10 Banjarmasin. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dengan jumlah responden sebanyak 162 peserta didik. Metode yang digunakan pada saat penelitian yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada saat penelitian yaitu Tes Diagnostik Four-Tier dengan menggunakan Google Form penentuan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 162 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik pada topik suhu dan kalor termasuk ke dalam kategori kurang sekali yaitu sebesar 14,07%. Tingkat miskonsepsi peserta didik termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 38,52%.bentuk miskonsepsi peserta didik yaitu belum sepenuhnya memahami arti konsep maupun prinsip dalam pembelajaran fisika peserta didik beranggapan bahwa semua suhu benda di alam dapat diturunkan berapapun tanpa ada batasannya.
Kata Kunci : Four-Tier, Tes Diagnostik, Miskonsepsi