Abstract:
Muhammad Elyas Sansabil,1910411210006,2023: “Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara” Dibawah bimbingan Widyakanti
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip food governance dalam pelayanan publik di kantor kecamatan teweh tengah kabupaten barito utara dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dari penerapan prinsip- prinsip good governance dalam pelayanan publik dikantor kecamatan teweh tengah kabupaten barito utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif,sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa buku-buku,dokumen,artikel,peraturan,foto.Teknik pengumpulan data dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dirumuskan oleh Miles dan Huberman (dalam Hardani,dkk 2020).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pelayanan publik Di Kantor Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara di lihat dari aspek Akuntabilitas, Transparansi, Keterbukaan dan Aturan Hukum secara umum sudah berjalan baik, mulai dari transparansi terkait informasi pelayanan, terbukanya kesempatan bagi masyarakat dalam menyampaikan kritik dan saran, adanya aturan hukum yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan pelayanan publik serta adanya kesiapan pertanggungjawaban dari pegawai dalam melaksanakan prosedur yang ada, walaupun ada beberapa pelayanan terkait kesesuaian prosedur waktu masih perlu ditingkatkan lagi kedepannya.adanya faktor penghambat seperti kurangnya sumber daya manusia,tanda tangan camat serta banyaknya kegiatan eksternal menjadi salah satu faktor yang menghambat dari pada penerapan prinsip-prinsip good governance di kantor kecamatan teweh tengah kabupaten barito utara.
Kata Kunci : Good Governance, Pelayanan Publik