Abstract:
Literasi sains adalah salah satu keterampilan dan kecakapan yang diperlukan dalam pembelajaran fisika. Namun kemampuan berliterasi belum dilatihkan dengan baik dan kurang mendapat perhatian di sekolah. Tujuan penelitian ini menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan SETS yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan uji coba penelitian one group pre-test and post-test desain pada 36 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahan ajar fisika dengan pendekatan SETS termasuk valid karena RPP, LKPD, Materi Ajar, dan Tes hasil belajar berkategori sangat baik; (2) Bahan ajar fisika dengan pendekatan SETS termasuk praktis, karena keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik berkategori sangat baik; (3) Bahan ajar fisika dengan pendekatan SETS termasuk efektif karena Ngain score literasi sains sebesar 0,75 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa bahan ajar fisika dengan pendekatan SETS pada topik teori kinetik gas yang dikembangkan adalah layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains peserta didik karena memenuhi kategori dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: Bahan ajar, teori kinetik gas, literasi sains, SETS