Abstract:
Rahmah, Siti. 2023. Memaksimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pecahan
Menggunakan Model Problem, Course dan Investigation di SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Pecahan, Problem Based Learning, Group
Investigation, Course Review Horay
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan pada
pembelajaran matematika khususnya pada materi pecahan. Kesulitan yang dihadapi
siswa disebabkan karena siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan tanpa
dilibatkan secara langsung dalam memecahkan masalah dari materi yang sedang dihadapi. Selain itu, siswa juga kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran dengan materi pecahan karena proses pembelajaran hanya menggunakan metode
ceramah tanpa menggunakan strategi pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu,
perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning, Group Investigation, dan Course Review Horay dengan tujuan
penelitian yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi pecahan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting
penelitian ini adalah siswa kelas 4 semester genap SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin
tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah peserta didik 23 orang. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar
siswa. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ialah aktivitas guru mencapai
kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kriteria “Aktif” atau “Sangat
Aktif”, dan siswa mencapai nilai ?65 untuk ketuntasan individu dan mencapai
?80% secara klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan
terakhir mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan terakhir
mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan terakhir telah mencapai ketuntasan klasikal.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Problem
Based Learning, Group Investigation dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas 4 SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu
penggunaan model tersebut dapat menjadi salah satu alternatif guru untuk
memperbaiki proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada materi pecahan, atau pada materi pembelajaran lainnya yang cocok.