Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, topik fisika, dan jenis hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif terhadap jurnal nasional rentang tahun 2012 sampai dengan 2021. Penelitian ini menerapkan pembelajaran problem based learning dianalisis dengan teknik meta-analisis. Penelitian ini meliputi 21 studi primer yang menghasilkan 29 sub penelitian sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian yang dilakukan berpengaruh positif dan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan efek gabungan sebesar 0,930 dalam kategori besar. ES pada jenjang SMA/MA/SMK dalam kategori besar, sedangkan jenjang SMP/Mts dalam kategori sedang. ES pada topik termodinamika, lapisan bumi dan bencana, lain-lain (tidak spesifik), listrik, mekanika, dan kinematika dalam ketegori besar, sedangkan topik gelombang dan optik dalam kategori sedang. ES pada motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam kategori besar, sedangkan kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep, dan minat belajar siswa dalam kategori sedang.