Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan proses sains, siswa kurang bekerja sama, keterampilan berpikir kritis siswa kurang berkembang, siswa kurang memahami materi, dan pembelajaran belum mengintegrasikan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kelayan Timur 8 dengan menerapkan pembelajaran model “Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK”. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 4 pertemuan ini dilandasi dengan empat tahap yaitu: (1) Tahap Perencanaan (Planning) (2) Pelaksanaan Tindakan (Action) (3) Tahap Pengamatan (Observing) (4) Refleksi (Reflecting). Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru dala 4 pertemuan terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuannya, sehingga 100% siswa secara klasikal berhasil dengan kriteria seluruhnya aktif. Keterampilan Berpikir kritis siswa meningkat pada setiap pertemuannya, sehingga 100% siswa secara klasikal berhasil dengan kriteria seluruhnya kritis. Hasil belajar siswa meningkat pada setiap pertemuannya dan 96% siswa secara klasikal berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).