Abstract:
Ma’rifatun, Fitri. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas dan Hasil Belajar
Peserta Didik Menggunakan Model PROGRES pada Muatan IPS Kelas
VB SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala. Skripsi PGSD, FKIP ULM
Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kreativitas Belajar, Model PROGRES
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kreativitas
peserta didik dalam muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang menyebabkan
belum maksimalnya hasil belajar. Hal ini disebabkan belum ada variasi model
yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran, peserta didik belum maksimal
menggunakan kreativitasnya dalam menggali informasi hingga pembelajaran
masih berpusat pada pendidik (Teacher Center). Upaya untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PROGRES yang
merupakan kombinasi dari model PBL, GI dan Snowball Throwing Dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik,
menganalisis peningkatan aktivitas dan kreativitas peserta didik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta
didik kelas VB SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala, dengan jumlah 20 orang
terdiri dari 9 pesrta didik prempuan dan 11 peserta didik laki-laki yang nantinya
akan dibagi kedalam 4 kelompok. Penelitian dilakukan pada semester II tahun
ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang
diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik,
aktivitas peserta didik dan kreativitas peserta didik, kemudian menggunakan data
kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis
secara berkelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi
dengan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan
I memperoleh skor 22 dengan kriteria “baik”, meningkat disetiap pertemuan
hingga pada pertemuan terakhir mencapai skor 27 dengan kriteria “Sangat Baik”.
Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai 25?ngan kriteria “Kurang
Aktif” meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai
85?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Kreativitas peserta didik pada pertemuan I
mencapai 30?ngan kriteria “Kurang Kreatif” meningkat disetiap pertemuan
hingga pada pertemuan terakhir mencapai 85?ngan kriteria “Sangat Kreatif”.
Hasil belajar peserta didik klasikal pertemuan I mencapai ketuntasan 30?n
meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model PROGRES dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik.
Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini
dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat
meningkatkan aktivitas, kreativitas dan hasil belajar peserta didik.