Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KOLOID TERHADAP PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Emelia
dc.date.accessioned 2022-06-16T07:01:13Z
dc.date.available 2022-06-16T07:01:13Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/32521
dc.description.abstract Penelitian pengembangan media belajar E-modul Interaktif Berbasis Android pada materi koloid bertujuan menghasilkan media belajar yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Uji coba media belajar yang dikembangkan dilakukan pada peserta didik SMA Negeri 1 Kotabaru Tahun Ajaran 2020/2021. Uji coba yang dilakukan yakni uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon dan penilaian tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Valid, berdasarkan uji kelayakan oleh kelompok ahli dengan rerata sebesar 91,66% (sangat valid); (2) Praktis, berdasarkan uji keterbacaan perorangan, kelompok, serta angket respon peserta didik dan guru dengan skor berturut-turut sebesar 3,3 (sangat baik); 3,4 (sangat baik); 3,34 (sangat baik) dan 3,7 (sangat baik); (3) Efektif, berdasarkan hasil uji coba terbatas telihat dari rata-rata skor n-gain yaitu sebesar 0,73 (tinggi). Secara keseluruhan e-modul yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dan sebagai suatu bentuk pembaharuan dalam pembelajaran kimia.
dc.title PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KOLOID TERHADAP PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account