dc.description.abstract |
Permasalahan yang terjadi pada kelompok B di PAUD Terpadu Uma
Kandung, beberapa anak masih belum bisa menunjukkan sikap santun kepada
orang tua. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas
anak dan hasil pengembangan kemampuan anak untuk memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sopan terhadap orang tua dengan menggunakan kombinasi
antara lain contoh metode bercerita dengan boneka jari pada kelompok B PAUD
Terpadu Uma Kandung Banjarmasin.
Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus. Setting penelitian pada anak kelompok B Paud
Terpadu Uma Kandung dengan jumlah anak 23 orang. Instrument penelitian yang
digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas
anak, dan hasil perkembangan kemampuan anak bserta rubriknya masing-masing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan
pembelajaran meningkat pada siklus II dengan skor 36 kategori sangat baik.
Aktivitas pada siklus II aktivitas anak meningkat dengan kategori sangat aktif.
Hasil pencapaian pengembangan telah berhasil dengan kategori (BSH).
Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan Tindakan dengan
menggunakan kombinasi Model Examples Non Examples Metode Bercerita
dengan media boneka jari dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak.
Saran bagi guru agar menerapkan pembelajaran yang lebih bervariasi, bagi kepala
sekolah dapat dijadikan bahan masukan dan informasi yang berguna untuk
perbaikan pembelajaran, bagi peneliti dapat memberi pengetahuan |
|