Repo Mhs ULM

MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODELTALKING STICK DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KB PERTIWI ANJIR PASAR 

Show simple item record

dc.contributor.author Maisyati Mukarramah
dc.date.accessioned 2022-06-16T09:01:02Z
dc.date.available 2022-06-16T09:01:02Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33360
dc.description.abstract ABSTRAK Mukarramah,Maisyati. 2021. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Talking stick Dan Media Papan Flanel Pada Anak KB PERTIWI Anjir Pasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kognitif, mengenal lambang bilangan, Talking Stick, media papan flanel. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan anak dalam aspek kognitif dalam mengenal lambang bilangan. Hal ini disebabkan Pembelajaran yang berlangsung satu arah dan kurangnya penggunaan media yang memaksimalkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas anak serta menganalisishasil perkembangan kognitif anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, subyek penelitian yaitu 6 anak (3 laki-laki dan 3 Perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan capaian perkembangan kognitif mengenal lambang bilangan dikatakan berhasil apabila mencapai kriteriaberkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan ke 1 dengan skor 16 dengan kategori “Cukup Baik”, Pertemuan ke-2 dengan skor 21 dengan kategori “Baik”, dan pertemuan ke-3 dengan skor 23 dengan kategori “Sangat baik”. (2) Aktivitas Anak pada pertemuan ke 1 dengan prentase 33,3% kategori “kurang aktif” pertemuan ke 2 dengan presentase 83,3% kategori “sangat aktif”, pertemuan ke 3 dengan presentase 100% kategori “sangat aktif”. (3) hasil perkembangan kognitif pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan berkembang sesuai harapandanberkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulankan bahwa melalui model talking stick dan media papan flanel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan kognitif anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah dan guru dapat dijadikan sebagai bahan masukan model pembelajaran untuk meningkatakan perkembangan pada anak.
dc.title MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODELTALKING STICK DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KB PERTIWI ANJIR PASAR 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account