Repo Mhs ULM

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, DRILL DAN PEMBERIAN TUGAS  DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD-IT MANBA’UL ‘ULUM KECAMATAN KERTAK HANYAR IIKABUPATEN BANJAR

Show simple item record

dc.contributor.author Noor Ainah
dc.date.accessioned 2022-06-16T09:04:35Z
dc.date.available 2022-06-16T09:04:35Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33388
dc.description.abstract ABSTRAK Ainah, N. 2020. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Drill dan Pemberian Tugas dengan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum Kecamatan Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2020/2021. Pembimbing: Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si Kata kunci : kognitif, bilangan, explicit instruction, pemberian tugas, papan flanel Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum diperoleh gambaran bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan masih belum maksimal. Hal ini karena anak kurang berminat dan kurangnya perhatian mereka saat diberi penjelasan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction, drill dan pemberian tugas dengan media papan flanel melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak ?81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan kognitif secara individual dan klasikal mencapai ?81% mendapat ???. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 41 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 87% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif anak dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berhasil berkembang dengan persentase 93% anak memperoleh ????. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan kombinasi model explicit instruction, drill dan pemberian tugas dengan media papan flannel pada anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction, drill dan pemberian tugas dengan media papan flanel salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif.
dc.title MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, DRILL DAN PEMBERIAN TUGAS  DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD-IT MANBA’UL ‘ULUM KECAMATAN KERTAK HANYAR IIKABUPATEN BANJAR


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account