Repo Mhs ULM

Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menjiplak Bentuk melalui Metode Demonstransi dan Model Explicit Instruction pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 43 Banjarmasin. 

Show simple item record

dc.contributor.author Masdiana
dc.date.accessioned 2022-06-16T09:11:58Z
dc.date.available 2022-06-16T09:11:58Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33449
dc.description.abstract ABSTRAK Masdiana. 2019. Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menjiplak Bentuk melalui Metode Demonstransi dan Model Explicit Instruction pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 43 Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D Kata kunci : Motorik Halus, Menjiplak, Demonstrasi, Explicit Intruction Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan diperoleh gambaran bahwa kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk masih belum maksimal pada anak kelompok A TK Aisyiyah 43 tahun ajaran 2019/2020, dapat terlihat dari 14 anak hanya 5 anak (36%) dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 9 anak (64%) dengan kategori Mulai Berkembang. Hal ini disebabkan oleh proses belajar mengajar masih cendrung berorientasi pada transfer pengetahuan. Metode yang digunakan masih monoton yaitu terpaku pada metode ceramah dan tanya jawab dan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran dalam suasana formal di sekolah. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran melalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media gambar, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk pada anak kelompok A TK Aisyiyah 43. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 siklus. Pengumpulan data yaitu melaui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A TK Aisyiyah 43 yang berjumlah 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 93% (hampir seluruh anakaktif). Untuk hasil kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk berhasil/berkembang dengan persentase 86% anak memperoleh ????. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dalam menjiplak bentuk melalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media gambar pada anak kelompok kelompok A TK Aisyiyah 43 dikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa melalui metode demonstransi dan model explicit instruction dengan media gambar salah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan motorik halus.
dc.title Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus dalam Menjiplak Bentuk melalui Metode Demonstransi dan Model Explicit Instruction pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 43 Banjarmasin. 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account