Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING (SCT) BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASIRANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Show simple item record

dc.contributor.author Rusmini
dc.date.accessioned 2023-02-23T09:21:55Z
dc.date.available 2023-02-23T09:21:55Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/33806
dc.description.abstract Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model Scientific Critical Thinking (SCT) berbasis kearifan lokal sasirangan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Uji coba terbatas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan kepada mahasiswa Kimia Sekolah 2. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar keterlaksanaan, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) perangkat model SCT dilihat dari komponen SAP, LKM, bahan ajar, dan intrumen tes dalam kategori valid; (2) perangkat model SCT termasuk praktis karena fase-fase model SCT dapat terlaksana dengan baik; dan (3) perangkat model SCT termasuk efektif karena N-gain keterampilan berpikir kreatif sebesar 0,66 dengan kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model Scientific Critical Thinking (SCT) berbasis kearifan lokal sasirangan materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia.
dc.title PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING (SCT) BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASIRANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account