dc.description.abstract |
Pengembangan bahan ajar hidrokarbon berbantuan e-learning bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar yang valid, praktis, dan efektif. Model penelitian menggunakan model 4D yang dimodifikasi. Bahan ajar diujicobakan pada 43 peserta didik MAN 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) Valid, dilihat dari nilai aspek kelayakan isi sebesar 91,67% (sangat valid), penyajian sebesar 87,50% (sangat valid), bahasa sebesar 95,51% (sangat valid), dan media sebesar 92,71% (sangat valid). (2) Praktis, dilihat dari hasil keterbacaan bahan ajar pada uji coba perorangan sebesar 87,50% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 87,50% (sangat baik), dan uji coba terbatas sebesar 88,17% (sangat baik), dan respon peserta didik terhadap bahan ajar pada uji coba terbatas sebesar 77,06% (baik). (3) Efektif, dilihat dari hasil belajar dengan nilai N-gain sebesar 0,62 termasuk kategori sedang. |
|