Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN  KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA, MODEL PICTURE AND PICTURE, DAN MEDIA BIG BOOK DI KELOMPOK B TK  HARAPAN BUNDA SUNGAI ANDAI

Show simple item record

dc.contributor.author Sabariah
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:52:47Z
dc.date.available 2023-02-23T14:52:47Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36806
dc.description.abstract ABSTRAK Sabariah. 2022. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita, Model Picture And Picture, dan Media Big Book Di Kelompok B Tk Harapan Bunda Sungai Andai. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Langsung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Bahasa Ekspresif, Menceritakan Kembali Isi Cerita, Metode Bercerita, Picture And Picture, Media Big Book. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok B dalam menceritakan kembali cerita yang disampaikan nya masih kurang seperti anak masih belum mampu mengekspresikan cerita dengan benar, lemahnya dalam berbahasa, anak belum bisa menggungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita, model picture and picture, dan media big book di kelompok B TK harapan bunda sungai andai. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Harapan Bunda Sungai Andai Banjarmasin yang berjumlah 9 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek kemampuan bahasa ekspresif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aktivitas guru pada pertemuan ke-3 mencapai kategori sangat baik, (2) aktivitas anak pada pertemuan ke-3 mencapai kategori sangat aktif 100%, dan (3) hasil kemampuan bahasa ekspresif pada pertemuan ke-3 mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) dan (BSB). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi metode bercerita, model picture and picture dan media big book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil kemampuan anak dengan dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
dc.title MENINGKATKAN  KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA, MODEL PICTURE AND PICTURE, DAN MEDIA BIG BOOK DI KELOMPOK B TK  HARAPAN BUNDA SUNGAI ANDAI


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account