Repo Mhs ULM

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN “CERDAS” BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Nur Jamilah
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:03:57Z
dc.date.available 2023-02-23T15:03:57Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36907
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan metakognisi peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model CERDAS berbasis Multiple Intelligences di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah quasy experiment dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas pembanding. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan metakognisi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Uji-t digunakan untuk menganalisis perbedaan kemampuan metakognisi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas pembanding. Setelah perlakuan diberikan pada kedua kelas, perbedaan persentase nilai kemampuan metakognisi antara kelas eksperimen dan pembanding berada pada kategori tinggi. Pada kelas eksperimen semua tersebar pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas pembanding 12 peserta didik berada pada kategori rendah dan sedang. Hasil respon peserta didik terhadap model pembelajaran CERDAS berbasis multiple intelligences mendapatkan respon dengan kategori baik dan positif. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran model CERDAS berbasis multiple intelligences dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didik.
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN “CERDAS” BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account