dc.description.abstract |
Rahayu, Sabariah. 2022. “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Angka 1-10 Dengan Model SAVI Dan Direct Instruction Melalui Permainan Tradisional Badamprak Kreasi Pada Kelompok A Tk Nusantara Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci: Mengenal Angka 1-10, Model SAVI Dan Direct Instruction Melalui Permainan Tradisional Badamprak Kreasi.
Sejak usia dini konsep bilangan perlu diperkenalkan. Anak belajar menghubungkan objek nyata dengan simbol matematis namun permasalahan dalam penelitian ini pada kegiatan kemampuan kognitif mengenal bilangan angka di TK Nusantara Banjarmasin masih rendah.Rendahnya pembelajaran pengenalan konsep bilangan pada anak-anak disebabkan karena kurang tersedianya media pembelajaran yang dapat mendorong anak untuk melakukan kegiatan pengenalan konsep bilangan, serta kurang terbukanya kesempatan untuk bermain dan bereksplorasi dengan bebas melalui peran guru, terutama penggunaan metode maupun model yang kurang tepat sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan kurang menyenangkan. Upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan 2 model yaitu SAVI dan Direct Instruction melalui permainan tradisional Badamprak Kreasi yang bertujuan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bilangan angka 1-10 lebih menarik untuk memacu meningkatkan motivasi belajar anak, partisipasi dan keaktifan anak dalam kelas maupun luar kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Nusantara Banjarmasin berjumlah 7 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas anak secara signifikan setiap pertemuan mengalami peningkatan hingga mencapai seluruh anak aktif dengan persentase 100?n hasil perkembangan kemampuan kognitif anak memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan pesentase 100%. Diharapkan hasil penelitian tersebut sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 dengan model SAVI dan Direct Instruction melalui kegiatan permainan Badamprak Kreasi. |
|