Repo Mhs ULM

MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING, DRILL DAN PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK A PAUD TERPADU ADZKIA MARTAPURA

Show simple item record

dc.contributor.author Rizky Aulia
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:49:33Z
dc.date.available 2023-02-23T16:49:33Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37686
dc.description.abstract ABSTRAK Aulia, Rizky. 2022. “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Dan Aspek Kognitif Anak Dalam Berpikir Simbolik Menggunakan Model Discovery Learning, Drill Dan Picture And Picture Pada Kelompok A Paud Terpadu Adzkia Martapura” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M,Pd.,Ph.D. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Discovery Learning, Drill, Picture and Picture. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini rendahnya aktivitas belajar, motivasi, dan capaian perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik mengenal huruf. Hal ini disebabkan ketika anak melakukan kegiatan melukis huruf dan membuat kolase berbentuk huruf. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan apabila terus dibiarkan, mengingat masa perkembangan anak usia dini diharapkan berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas belajar, motivasi, dan perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik mengenal huruf menggunakan model Discovery Learning, Drill, dan Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Paud Terpadu Adzkia Martapura yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskrptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indicator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria “Sangat Baik”. Motivasi belajar anak menunjukkan peningkatan mencapai kategori “Hampir Seluruh Anak Temotivasi”. Aktivitas anak menunukkan peningkatakan mencapai kategori “Hampir Seluruh Anak Aktif”. Dan hasil capaian perkembangan kognitif anak mencapai kategori “Berkembang Sangan Baik”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Discovery Learning, Drill, dan Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas, motivasi belajar, dan hasil capaian perkembangan anak. Disarankan pengguanakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam berpikir simbolik mengenal huruf.
dc.title MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING, DRILL DAN PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK A PAUD TERPADU ADZKIA MARTAPURA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account