dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini belum optimalnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal pola ABC-ABC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Melati dengan jumlah sebanyak 12 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Cara mengumpulkan data dengan pengamatan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria sangat baik dengan skor 28. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan secara klasikal mencapai 91,6?ngan kriteria hampir seluruh anak aktif dan pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak berhasil mencapai 91,6?ngan kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Explicit Instruction metode Pemberian Tugas dengan Media Bahan Alam pada kelompok A TK Melati dalam mengenal pola ABC-ABC mengalami perkembangan dan hipotesis dapat diterima.
Kata Kunci: Kognitif, Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas, dan Media Bahan Alam. |
|