dc.description.abstract |
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bentuk. Untuk mengatasinya peneliti mengenalkan konsep bentuk melalui metode bermain klasifikasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa, aktivitas guru dan aktivitas anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kriteria (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan pada tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Bustanul Ulum 2 sebanyak 8 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil mencapai skor “24” dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak secara klasikal berhasil mencapai kategori “Sangat Aktif” dengan persentase 82%. Dan hasil perkembangan anak berhasil mencapai kategori “Berkembang Sangat Aktif” dengan persentase 81%.
Kata Kunci : Kognitif, Mengenal Konsep Bentuk, Metode Bermain Klasifikasi |
|