dc.description.abstract |
Ariyani, Hikmah.2022 Mengembangkan Nilai Agama dan Moral dalam Praktik Wudhu
dengan Model Problem Picture Instruction pada Kelompok B TK Islam Al
Zahrah Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidkan Peserta Didik
Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Nilai Agama dan Moral, Model Explicit Instruction, Model Problem Based
Learning, model Picture and Picture.
Permasalahan terjadi dikarenakan proses pembelajaran dilakukan satu arah, peserta
didik cendrung tidak aktif karena guru belum terbiasa dalam penggunaan model
pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik kurang memiliki keinginan untuk berhasil
saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi
pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran solusi untuk mengatasi hal
tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning, Explicit Instruction,
Picture and Picture dengan tujuan menganalisis aktivitas guru, aktivitas peserta didik,
kemampuan penyelesaian masalah dan hasil belajar peserta didik pada pengembangan
aspek nilai agama dan moral dalam praktik wudhu di TK Islam Al Zahrah Martapura.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan.
Setting penelitian anak dikelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura tahun ajaran
2021/2022, dengan jumlah peserta didik 7 orang. Data kualitatif diperoleh melalui
observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil pengembangan nilai-nilai
agama dan moral selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dihitung
berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada siklus satu
pertemuan pertama memperoleh kriteria “Cukup Baik”, siklus satu pertemuan kedua
kriteria “Baik”, siklus kedua pertemuan ketiga kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta
didik siklus satu pertemuan pertama memperoleh kriteria “Aktif”, siklus satu pertemuan
kedua kriteria “Aktif”, dan siklus kedua pertemuan ketiga kriteria “Sangat Aktif”.
Kemampuan pengembangan NILAI AGAMA DAN MORAL dalam praktik wudhu pada
siklus satu pertemuaan satu ada 5 orang mendapat “Berkembang”, pada siklus satu
pertemuan dua ada 2 orang mendapat “Belum Berkembang” dan 4 orang mendapat
“Berkembang”, pada siklus dua pertemuan tiga 1 orang mendapat “Belum Berkembang”
dan 5 orang “Berhasil Berkembang”. Hasil belajar peserta didik pada pertemuan pertama
belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan kedua belum mencapai ketuntasan
klasikal, dan pertemuan ketiga mencapai ketuntasan klasikal.
Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa model yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan aspek nilai agama dan
moral anak pada kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura. |
|