Repo Mhs ULM

Mengembangkan Nilai Agama dan Moral dalam Praktik Wudhu dengan Model Problem Picture Instruction pada Kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura

Show simple item record

dc.contributor.author Hikmah Ariyani
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:58:10Z
dc.date.available 2023-02-23T16:58:10Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37769
dc.description.abstract Ariyani, Hikmah.2022 Mengembangkan Nilai Agama dan Moral dalam Praktik Wudhu dengan Model Problem Picture Instruction pada Kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidkan Peserta Didik Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Nilai Agama dan Moral, Model Explicit Instruction, Model Problem Based Learning, model Picture and Picture. Permasalahan terjadi dikarenakan proses pembelajaran dilakukan satu arah, peserta didik cendrung tidak aktif karena guru belum terbiasa dalam penggunaan model pembelajaran. Hal ini membuat peserta didik kurang memiliki keinginan untuk berhasil saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi model pembelajaran solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning, Explicit Instruction, Picture and Picture dengan tujuan menganalisis aktivitas guru, aktivitas peserta didik, kemampuan penyelesaian masalah dan hasil belajar peserta didik pada pengembangan aspek nilai agama dan moral dalam praktik wudhu di TK Islam Al Zahrah Martapura. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian anak dikelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah peserta didik 7 orang. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil pengembangan nilai-nilai agama dan moral selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada siklus satu pertemuan pertama memperoleh kriteria “Cukup Baik”, siklus satu pertemuan kedua kriteria “Baik”, siklus kedua pertemuan ketiga kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik siklus satu pertemuan pertama memperoleh kriteria “Aktif”, siklus satu pertemuan kedua kriteria “Aktif”, dan siklus kedua pertemuan ketiga kriteria “Sangat Aktif”. Kemampuan pengembangan NILAI AGAMA DAN MORAL dalam praktik wudhu pada siklus satu pertemuaan satu ada 5 orang mendapat “Berkembang”, pada siklus satu pertemuan dua ada 2 orang mendapat “Belum Berkembang” dan 4 orang mendapat “Berkembang”, pada siklus dua pertemuan tiga 1 orang mendapat “Belum Berkembang” dan 5 orang “Berhasil Berkembang”. Hasil belajar peserta didik pada pertemuan pertama belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan kedua belum mencapai ketuntasan klasikal, dan pertemuan ketiga mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan aspek nilai agama dan moral anak pada kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura.
dc.title Mengembangkan Nilai Agama dan Moral dalam Praktik Wudhu dengan Model Problem Picture Instruction pada Kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account