Repo Mhs ULM

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN KONSEP BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK, MAKE A MATCH DAN METODE TANYA JAWAB PADA KELOMPOK B TK MAWAR KABUPATEN BARITO KUALA

Show simple item record

dc.contributor.author Noor Hikmah
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:01:05Z
dc.date.available 2023-02-23T17:01:05Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37794
dc.description.abstract ABSTRAK Hikmah, Noor. 2022. Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Dalam Upaya Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Melalui Kombinasi Model Talking Stick, Make A Match Dan Metode Tanya Jawab Pada Anak Kelompok TK Mawar Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Program Ilmu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd. Kata Kunci: Kognitif, Mencocokan Bilangan Dengan Lambang Bilangan, Model Talking Stick, Make A Match Dan Metode Tanya Jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mawar Kabupaten Barito Kuala berjumlah 16 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Sedangkan hasil capaian perkembangan anak mencapai kriteria “Berkembang Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Talking Stick, Make A Match dan metode Tanya jawab dapat mengembangkan aspek kognitif anak dalam meniru mencocokan bilangan dengan lambang bilangan pada TK Mawar Kabupaten Barito Kuala. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam proses pembelajaran.
dc.title MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN KONSEP BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK, MAKE A MATCH DAN METODE TANYA JAWAB PADA KELOMPOK B TK MAWAR KABUPATEN BARITO KUALA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account