dc.description.abstract |
ABSTRAK
Hikmah, Noor. 2022. Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Dalam Upaya
Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Melalui Kombinasi
Model Talking Stick, Make A Match Dan Metode Tanya Jawab Pada Anak
Kelompok TK Mawar Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Program Ilmu
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan
Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen
Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: Kognitif, Mencocokan Bilangan Dengan Lambang Bilangan, Model
Talking Stick, Make A Match Dan Metode Tanya Jawab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B TK Mawar Kabupaten Barito Kuala berjumlah 16 orang anak. Jenis
data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi
aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran
dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif
kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator
keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria
“Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kriteria
“Sangat Aktif”. Sedangkan hasil capaian perkembangan anak mencapai kriteria
“Berkembang Sangat Baik”.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Talking
Stick, Make A Match dan metode Tanya jawab dapat mengembangkan aspek
kognitif anak dalam meniru mencocokan bilangan dengan lambang bilangan pada
TK Mawar Kabupaten Barito Kuala. Disarankan penggunaan model tersebut
sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang
berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam proses pembelajaran. |
|