dc.description.abstract |
Penguasaan pengetahuan dan keterampilan komunikasi dapat meningkatkan
prestasi hasil belajar pada peserta didik. Keterampilan komunikasi yang rendah
akan menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih monoton karena tidak ada
interaksi yang terjadi pada guru dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran PowerPoint Ispring pada materi larutan
penyangga, yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan
komunikasi dan hasil belajar pengetahuan peserta didik. Pengembangan media ini
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D.
Subyek penelitian ini yaitu 5 validator, 26 orang peserta didik kelas XI MIA
SMAN 1 Alalak (3 orang pada uji perorangan, 5 orang pada uji kelompok kecil,
dan 18 orang pada uji terbatas). Instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah angket validasi, angket keterbacaan peserta didik, lembar
observasi, angket keterampilan komunikasi peserta didik, dan tes hasil belajar
pengetahuan. Hasil penelitian (1) media dapat dikatakan valid dengan skor
validitas sebesar 0,89. (2) uji kepraktisan menunjukkan bahwa media yang
dikembangkan praktis pada uji coba perorangan sebesar 4,30, pada uji coba
kelompok kecil sebesar 4,22, dan observasi penggunaan media sebesar 80,96. (3)
uji keefektifan menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif dalam
meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik n-gain sebesar 0,31 dengan
kategori sedang, dan hasil N-Gain tes hasil belajar pengetahuan peserta didik
sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Produk berupa media PowerPoint Ispring
yang dikembangkan layak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan
keterampilan komunikasi dan pengetahuan peserta didik pada materi larutan
penyangga. |
|