Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Show simple item record

dc.contributor.author Rismalia Meitiyanah
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:47:50Z
dc.date.available 2023-06-08T14:47:50Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38719
dc.description.abstract Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran talking chips perlu dilakukan karena sumber belajar yang khusus mempelajari materi hidrolisis garam berbasis model pembelajaran talking chips ini belum banyak tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan (validitas, praktikalitas dan efektivitas) LKPD berbasis model pembelajaran talking chips untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evolution) dengan subjek uji keterbacaan kelompok kecil 7 orang peserta didik, dan uji coba terbatas 22 orang peserta didik Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori tingkat kelayakan dengan formula Aiken’s dinyatakan valid ditinjau dari kelayakan isi senilai 0,97, kelayakan penyajian 0,98, kelayakan bahasa 0,95, dan kelayakan media grafik 0,98. Kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari skor angket uji keterbacaan pada uji kelompok kecil sebesar 89,2?ngan kategori sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik dan guru sebesar 86?n 95?ngan kategori sangat praktis dan hasil observasi pembelajaran menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran talking chips sebesar 89?ngan kategori sangat praktis. LKPD berbasis model pembelajaran talking chips pada materi hidrolisis garam efektif digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik. Berdasarkan hasil N-Gain kecerdasan interpersonal peserta didik mengalami peningkatan sebesar 0,62 yang berada pada kategori sedang. Dengan demikian, LKPD berbasis model pembelajaran talking chips pada materi hidrolisis garam layak digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik pada pembelajaran kimia.
dc.title PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account