Repo Mhs ULM

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERINTEGRASI REPRESENTASI KIMIA UNTUK MENGANALISIS PENINGKATAN MODEL MENTAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI TABUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.author Taufiqurrahman
dc.date.accessioned 2023-06-08T15:20:17Z
dc.date.available 2023-06-08T15:20:17Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39001
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Posing terintegrasi representasi kimia untuk menganalisis peningkatan model mental dan hasil belajar peserta didik pada materi hukum dasar kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana model mental mental peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Posing terintegrasi kimia representasi pada materi hukum dasar kimia (2) bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model Problem Posing. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara bersiklus. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Sungai Tabuk yang berjumlah sebanyak 26 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan non tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan instrumen berupa pre-test dan post-test, sedangkan teknik pengumpulan data non tes yaitu lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Adapun teknik analisis data model mental yang digunakan yaitu teknink analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Melalui model pembelajaran Problem Posing, peserta didik mengalami perubahan model mental, artinya penerapan pembelajaran Problem Posing dapat melatih daya nalar peserta didik dalam memahami materi sehingga peserta didik tidak mengalami miskonsepsi yang berkelanjutan, (2) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X IPA 1 dengan nilai rata-rata pre-test 28,83?n nilai rata-rata post-test 79,75 % setelah diterapkan model pembelajaran Problem Posing.
dc.title MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERINTEGRASI REPRESENTASI KIMIA UNTUK MENGANALISIS PENINGKATAN MODEL MENTAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI TABUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account