Abstract:
Pertumbuhan teknologi yang signifikan di Indonesia dapat dilihat dari
jumlah pengguna smartphone yang tinggi. Hal ini mendorong munculnya berbagai
aplikasi mobile dalam banyak bidang, salah satunya yaitu aplikasi mobile Teman
Bus dalam bidang transportasi. Teman Bus ini memiliki banyak fitur yang
bermanfaat, tapi tidak semua pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan
mudah dan efektif termasuk para pengguna di Kota Banjarmasin. Untuk mengatasi
masalah tersebut harus dilakukan evaluasi usability user experience pada aplikasi
Teman Bus. Penelitian ini menggunakan metode UX Honeycomb yang digunakan
untuk mengevaluasi aspek usability user experience, dan metode User Experience
Questionnaire (UEQ) yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dan
keberhasilan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada
responden masyarakat kota Banjarmasin yang menggunakan aplikasi Teman Bus
dan didapatkan 418 data responden valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai rata-rata keseluruhan aspek UX Honeycomb adalah 4,37, dan untuk aspek
UEQ didapatkan nilai rata-rata keseluruhan aspeknya adalah 1,80. Sedangkan untuk
aspek accessible dan aspek useful pada UX Honeycomb, serta aspek stimulation,
aspek novelty, dan aspek dependability pada UEQ merupakan aspek yang
mempengaruhi terhadap evaluasi usability user experience aplikasi Teman Bus.