dc.description.abstract |
Penelitian yang dilakukan mengenai implementasi model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media interaktif android terhadap kemampuan berpikir kreatif, self-efficacy, dan hasil belajar pengetahuan pada materi laju reaksi kelas XI MIA SMAN 1 Alalak tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif, self-efficacy, dan hasil belajar pengetahuan menggunakan model CPS berbantuan media interaktif android dengan menggunakan model Discovery Learning. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Peserta didik di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Alalak adalah sampel penelitian ini. Data dikumpulkan dengan teknik test dan non-test. Analisis data melibatkan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda pada uji t, yaitu kemampuan berpikir kreatif dengan nilai uji t 0,001, self-efficacy dengan nilai uji t 0,000, dan hasil belajar pengetahuan dengan nilai uji t 0,000. Sehingga implementasi model CPS berbantuan media interaktif android berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif, self-efficacy, dan hasil belajar pengetahuan peserta didik pada materi laju reaksi kelas XI MIA SMAN 1 Alalak.
Kata kunci: Creative Problem Solving (CPS), media interaktif android, kemampuan berpikir kreatif, self-efficacy, hasil belajar pengetahuan, dan laju reaksi. |
|