dc.description.abstract |
Belum tersedianya bahan ajar kimia yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains mengakibatkan rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) berorientasi Chemo-entrepreneurship (CEP) yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan. Metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan model 4D (define, design, development, and dessiminate). Subjek penelitian yaitu 5 orang validator yang terdiri dari dosen Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM dan guru kimia di SMAN 5 Banjarmasin serta 36 orang peserta didik kelas X-h SMAN 5 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut (1) Sangat valid dengan skor validitas 92,6?rdasarkan analisis aspek umum, isi, kebahasaan, dan desain. (2) Sangat praktis dengan skor kepraktisan 90,82%. (3) Efektif, ditinjau dari hasil observasi KPS menurut observer sebesar 92,68?ngan kategori sangat terampil serta peningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan nilai N-gain 0,75 dan hasil belajar dengan nilai N-gain 0,71 pada kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia terutama pada materi hukum dasar kimia.
Kata Kunci: LKPD, project based learning, chemo-entrepreneurship, hasil belajar, keterampilan proses sains, hukum dasar kimia |
|