Abstract:
Literasi sains merupakan salah satu kompetensi yang diperlukan peserta didik dalam pendidikan abad 21. Literasi sains peserta didik di Indonesia masih rendah bahkan mengalami penurunan. Kurang tersedianya bahan ajar yang dapat melatihkan literasi sains menjadi penyebab rendahnya tingkat kompetensi literasi sains peserta didik. Model PjBL yang dijalankan dengan pendekatan STEM mampu meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar asam basa yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model 4D. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 orang validator dan peserta didik kelas XI C SMA Negeri 5 Banjarmasin sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan e-modul berbasis Project based learning dengan pendekatan STEM. Hasil penelitian ini menunjukkan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 90,90%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 91,93?n efektif dengan skor efektivitas 80,56%. Pembelajaran menggunakan e-modul yang dikembangkan meningkatkan literasi sains peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai N-gain pada kategori tinggi yaitu 0,81. Hasil analisis menunjukkan e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.