Abstract:
Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti untuk membuat keputusan berkenaan dengan perubahan alam melalui aktivitas manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis model inkuiri terbimbing bermuatan etnosains pada materi larutan penyangga yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis model inkuiri terbimbing bermuatan etnosains. Pengembangan E-LKPD dilakukan melalui tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian ini menunjukkan E-LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 96,45%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 88,24?n cukup efektif dengan skor efektivitas 75%. Pembelajaran menggunakan E-LKPD yang dikembangkan meningkatkan literasi sains peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai N-gain pada kategori tinggi yaitu 0,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi larutan penyangga. Produk hasil pengembangan ini juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar baru yang dapat digunakan oleh guru dalam mengajar kimia dan peserta didik untuk belajar secara mandiri khususnya pada materi larutan penyangga.