Repo Mhs ULM

Pengembangan LKPD Berbasis STEAM - PjBL pada Materi Larutan Asam Basa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Nana
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:32:36Z
dc.date.available 2023-09-21T11:32:36Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42553
dc.description.abstract Rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menciptakan ide atau gagasan baru dalam memahami dan menyelesaikan masalah kimia. Sehingga dikembangan LKPD berbasis STEAM – PjBL pada materi larutan asam basa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas produk LKPD berbasis STEAM – PjBL yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu: Analisis (analysis), Perencanaan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), evaluasi (evaluation). LKPD yang dikembangkan diuji cobakan pada 24 orang peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 1 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dilihat dari hasil validasi aspek kelayakan isi (94,34%), penyajian (96,45%), bahasa (94,86%), dan media (94,5%). LKPD yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek praktikalitas yang dilihat dari hasil angket keterbacaan LKPD pada uji coba perorangan (88,89%) dan kelompok kecil (92%) yang termasuk kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 89,75% yang termasuk kategori sangat praktis dan angket respon guru memperoleh persentase 96% yang termasuk kategori sangat praktis. Lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola kelas memperoleh persentase 87,03?ngan rata-rata skor 4,35 yang termasuk kategori sangat positif. LKPD juga telah memenuhi aspek efektivitas yang dilihat dari hasil rata-rata N-gain kemampuan berpikir kreatif peserta didik per aspek yaitu sebesar 76% atau nilai N-gain per aspek yaitu 80% pada aspek kelancaran (fluency); 74% pada aspek keluwesan (flexibility); 73% pada aspek keaslian (originality); 78% pada aspek elaborasi (elaboration). Nilai N-gain ini termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu LKPD berbasis STEAM – PjBL telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Kata Kunci: LKPD, berpikir kreatif, larutan asam basa
dc.title Pengembangan LKPD Berbasis STEAM - PjBL pada Materi Larutan Asam Basa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account