Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik yang terdiri dari 17 peserta didik perempuan dan 9 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan test diagnotik menggunakan certainty of response index (CRI) atau indeks respon keyakinan yang merupakan teknik pengukuran tingkat keyakinan atau kepastian responden dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, kemudian mengkategorikan ke dalam kategori Paham Konsep (PK), Miskonsepsi (M), Tidak Paham Konsep (TPK), dan Paham Konsep Kurang Yakin (PKKY). Teknik analisis data dilakukan dengan cara menghitung persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Peserta didik kelas XI MIPA 2 PGRI 6 Kota Banjarmasin mengalami miskonsepsi disemua sub pokok bahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami peserta didik terjadi pada semua konsep pada materi larutan penyangga yaitu sebesar 25,90%. Aspek konsep larutan penyangga yang mengalami miskonsepsi meliputi konsep larutan penyangga sebesar 23,07%, konsep penyangga basa sebesar 28,20%, konsep penyangga asam sebesar 25,00%, dan konsep pH larutan penyangga sebesar 27,88%. Dari penelitian ini, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik, agar dapat mereduksi persentase miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik.
Kata Kunci: Certainty of Response Index, Miskonsepsi, Larutan Penyangga.