Abstract:
Literasi sains penting bagi peserta didik untuk memahami lingkungan, kesehatan, ekonomi, social modern dan teknologi. Namun, literasi sains peserta didik umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis discovery learning terintegrasi STEM pada materi koloid untuk meningkatkan literasi sains peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek uji coba perorangan 5 orang peserta didik, uji coba kelompok kecil 10 orang peserta didik dan uji lapangan 25 peserta didik dengan jumlah 40 orng peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan non test (angket respon dan lembar observasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul yang dikembangkan dalam pada kategori sangat valid ditinjau dari aspek kompoenen butir uji isi, media, dan desain pembelajaran e-modul dengan kategori sangat valid, (2) e-modul sangat praktis dilihat dari aspek keterbacaan, angket respon peserta didik, lembar kepraktisan guru menggunakan e-modul dan lembar kepraktisan guru mengelolah kelas dengan ketegori sangat baik, (3) e-modul efektif berdasarkan nilai N-gain 0,73 termasuk dalam kategori tinggi.