Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model Think Pair Share (TPS) berbantuan video Canva pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar peserta didik XI MIPA di SMAN 10 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan model Think Pair Share (TPS) berbantuan video Canva dan pembelajaran yang menerapkan model Discovery Learning pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan pretest-posttest nonequivalen control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, yakni untuk kelas eksperimen menggunakan Think Pair Share (TPS) dan untuk kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas ekperimen dengan persentase ketuntasan 96,77?n kelas kontrol dengan persentase ketuntasan 80,65%, hasil belajar keterampilan kelas eksperimen dengan nilai 3,42 dan kelas kontrol dengan nilai 3, 21, dan hasil belajar sikap kelas eksperimen dengan nilai 3,42 dan kelas kontrol dengan nilai 3,44