Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MEDIA FLIP HTML5 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Show simple item record

dc.contributor.author Norlaila
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:52:27Z
dc.date.available 2023-09-21T11:52:27Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42738
dc.description.abstract Tidak tersedianya e-modul berbasis pendekatan SETS pada materi kesetimbangan kimia membuat kemandirian belajar masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul berbasis pendekatan SETS berbantuan media flip HTML5 untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar pengetahuan peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu : Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes (angket dan lembar observasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul termasuk kategori sangat valid dengan nilai validitas sebesar 90,98%, (2) e-modul termasuk praktis, karena dari hasil angket keterbacaan, angket respon, dan lembar observasi dengan kategori sangat baik sebesar 4,34, dan (3) e-modul termasuk efektif, dari N-gain hasil belajar pengetahuan sebesar 0,71 dalam kategori tinggi serta N-gain kemandirian belajar sebesar 0,45 dalam kategori sedang. Dengan demikian, e-modul berbasis pendekatan SETS berbantuan media flip HTML5 layak digunakan dalam pembelajaran kimia
dc.title PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MEDIA FLIP HTML5 UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account