dc.description.abstract |
Tidak tersedianya e-modul berbasis pendekatan SETS pada materi kesetimbangan kimia membuat kemandirian belajar masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul berbasis pendekatan SETS berbantuan media flip HTML5 untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar pengetahuan peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu : Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes (angket dan lembar observasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul termasuk kategori sangat valid dengan nilai validitas sebesar 90,98%, (2) e-modul termasuk praktis, karena dari hasil angket keterbacaan, angket respon, dan lembar observasi dengan kategori sangat baik sebesar 4,34, dan (3) e-modul termasuk efektif, dari N-gain hasil belajar pengetahuan sebesar 0,71 dalam kategori tinggi serta N-gain kemandirian belajar sebesar 0,45 dalam kategori sedang. Dengan demikian, e-modul berbasis pendekatan SETS berbantuan media flip HTML5 layak digunakan dalam pembelajaran kimia |
|