Abstract:
Kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia secara umum masih rendah.
Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain keterbatasan sarana dan
fasilitas belajar serta metode mengajar guru yang hanya fokus pada penguasaan
pengetahuan dan belum berorientasi kemampuan literasi sains, sumber belajar
yang masih berpaku pada buku paket yang disediakan oleh sekolah. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing materi larutan penyangga
yang valid, praktis dan efektif, untuk meningkatkan literasi sains peserta didik
dengan model 4D (Define, Design, Development,Disseminate). Subjek penelitian
yaitu 5 orang validator, 10 peserta didik kelas XI IPA 2 dan 32 peserta didik kelas
XI IPA 3 MAN 3 Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket,
lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
efektivitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan
LKPD yang dikembangkan sangat valid dilihat dari hasil validasi (1) aspek
kelayakan isi (96,60%), penyajian (94,00%), media (90,85%) dan bahasa
(95,00%) skor validitas rata-rata keseluruhan aspek (94,11%), (2) sangat praktis
dengan skor kepraktisan (84%) dan (3) efektivitas pembelajaran menggunakan
LKPD yang dikembangkan meningkatkan literasi sains peserta didik yang
ditunjukkan dengan nilai N-gain pada kategori sedang yaitu 0,59. Hasil analisis
menunjukkan LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber
belajar dalam pembelajaran kimia materi larutan penyangga untuk meningkatkan
literasi sains peserta didik