Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada model Scientific Critical Creative Thingkink pada materi Stoikiometri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) analisis hasil uji validitas LKPD, (2) analisis hasil uji kepraktisan LKPD, (3) analisis hasil uji keefektifan LKPD. Metode dalam penelitian ini menggunakan R&D yang dapat mengembangkan suatu produk dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 2 MAN 1 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berpikir kritis dan kreatif serta instrumen non tes berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan (1) LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 89,95 (2) LKPD yang dikembangkan sangat praktis dengan skor kepraktisan 87,6 (3) LKPD yang dikembangkan sangat efektif dengan skor efektivitas 83. Pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan meningkatkan berpikir krtis dan kreatif peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai N-Gain pada kategori tinggi yaitu 0,83. Hasil analisis dari penelitian ini adalah pengembangan model SCCrT dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik, dan LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelejaran kimia materi stoikiometri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.
Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, ketrampilan berpikir kreatif, model SCCrT, Stoikiometri