Abstract:
Keterampilan berpikir adalah proses mental yang terorganisir yang berperan dalam proses pengambilan keputusan untuk memecahkan suatu masalah. Keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif melibatkan analisis dan interpretasi data dalam kegiatan penemuan ilmiah dan Self Regulated Learning atau kemandirian belajar yang ketiganya merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran kimia. Model Scientific Critical Creative Thinking (SCCrT) merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIA SMAN 1 Alalak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan (1) keterampilan berpikir kritis (2) keterampilan berpikir kreatif dan (3) self regulated learning peserta didik terhadap implementasi model SCCrT pada materi Titrasi Asam Basa. Metode dalam penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling atau secara acak yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas meliputi model SCCrT dan model konvensional, sedangkan variabel terikat meliputi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan self regulated learning. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif dan non tes untuk self regulated learning dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 0,004; (2) adanya perbedaan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi sebesar 0,028; dan (3) adanya perbedaan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,000. Kelas eksperimen dengan model SCCrT dlebih baik di bandingkan kelas kontrol dengan model konvensional alam melatih keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan self regulated learning peserta didik dalam pembelajaran materi kimia titrasi asam basa.