Abstract:
ABSTRAK
Luthfia Noorannisa. 2021. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Myrtaceae
Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus ULM terhadap Keterampilan
Berpikir Kritis Mahasiswa. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H. Yudi
Firmanul Arifin, M.Sc dan Dr. Dharmono, M.Si
Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang berbasis pada potensi
lokal suatu daerah agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis
mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan mahasiswa dalam
menyelesaikan masalah pada pembelajaran. Bahan ajar yang dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis adalah buku ilmiah populer. Buku ilmiah populer
Etnobotani Myrtaceae (Studi Kasus Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus ULM)
yang dikembangkan menggunakan model EDR melalui evaluasi formative dari
Tessmer untuk menghasilkan buku ilmiah populer yang valid, praktis, dan efektif.
Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya evaluasi
diri, uji pakar terdiri dari 3 dosen Magister Pendidikan Biologi ULM, uji
perorangan terdiri dari 3 mahasiswa, uji kelompok kecil berjumlah 5 mahasiswa
dan uji kelompok besar berjumlah 20 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah
mengambil matakuliah etnobotani. Hasil penelitian pada buku ilmiah populer yang
dikembangkan pada uji pakar mendapatkan 3,59?ngan kriteria sangat valid
artinya buku ilmiah populer yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran etnobotani, uji kepraktisan isi pada uji
perorangan mendapatkan nilai rata-rata 95,51?ngan kriteria sangat baik artinya
buku ilmiah populer yang dikembangkan mudah untuk dipahami, respon
mahasiswa harapan terhadap BIP mendapatkan nilai rata-rata 96,80?n respon
siswa aktual mendapatkan nilai rata-rata 97,40?ngan kriteria sangat praktis
artinya buku ilmiah populer yang dikembangkan sangat mudah digunakan oleh
mahasiswa dalam proses pembelajaran, uji keterlaksanaan harapan mendapatkan
nilai rata-rata 88,89?n keterlaksanaan aktual mendapatkan nilai rata-rata 92,22
dengan kriteria sangat baik artinya sintak atau setiap langkah proses pembelajaran
berjalan dengan baik. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa mendapatkan nilai
rata-rata uji N-Gain 0,6 dengan kriteria sedang artinya buku ilmiah populer yang
dikembangkan cukup efektif untuk meningkat keterampilan berpikir kritis
mahasiswa artinya bahan ajar yang dikembangkan dapat diimplementasikan pada
mahasiswa dalam pembelajaran etnobotani.
Kata kunci: buku ilmiah populer, keterampilan berpikir kritis, etnobotani,
Myrtaceae