Abstract:
Penelitian yang telah dilakukan mengenai pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengasilkan perangkat pembelajaran yang valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan yang
digunakan pada penelitian ini mengikuti rancangan model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D dengan tahapan define, design dan develop. Karena penelitian ini dilakukan hanya untuk menghasilkan produk prototype, sehingga tahap keempat yaitu tahap penyebaran atau diseminate tidak digunakan. Kriteria kevalidan disesuaikan dengan komponen-komponen yang terdapat dalam
pembuatan produk. Penelitian dilakukan dengan memvalidasi perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, instrumen tes keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kepada 5 orang validator dan membagikan angket respon kepada 8 orang guru kimia yang dilakukan secara daring. Dalam penelitian ini analisis
deskriptif digunakan untuk menganalisis data, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan
telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor 0,8<V.